Cara memasang iklan Adsense Page Level Ads di Blogspot Blogger

HaiSobat apa kabar lagi? Google adsense beberapa tahun lalu telah menerbitkan iklan page leve ads yang akan tampil ketika dibuka menggunakan perangkat yang sejenis android. Kemunculan iklan tingkat laman seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi berbasis smartphone yang semakin hari semakin canggih.

Iklan page level ads adsense adalah fitur yang disediakan oleh google adsense yang dioptimalkan khsusus dan diperuntukan tampilan iklan untuk perangkat mobile, tablet, smartphone, hanphone dan hanphone mini. Iklan tingkat laman adsense akan tampil apabila laman situs tampil optimal.

Cara Memasang Page Level Ads di Blogspot Blogger

Page-level Ads


Page-level Ads adalah fitur baru Google Adsense yang dioptimalkan khusus untuk device beresolusi sedang hingga minimal, seperti tablet, smartphone, handphone sampai handphone mini. Iklan jenis ini ini hanya akan tampil pada device/perangkat mobile saja.

Page-level Ads ada dua macam, yaitu Anchor/overlay ads dan Vignette ads. Anchor/overlay ads akan tampil pada bagian bawah layar handphone/smartphone, sedangkan Vignette ads akan tampil penuh sesaat membuka halaman blog.


Anchor/overlay ads dan Vignette ads

Meningkatkan pendapatan di blog dengan Iklan Adsense adalah salah satu cara supaya banyak mendapatkan penghasilan. Jika kita lihat blog yang menggunakan iklan Adsense saat ini lebih unik dan memungkinkan banyak pengunjung yang mencoba melihat karena penasaran dengan iklan tersebut. Sebelumnya mastimon.com hanya menggunakan fasilitas iklan adsense dengan ukuran Responsive dan ukuran 300×250.

Iklan yang Responsive memungkinkan akan tampil sesuai lebar tampilan blog baik melalui PC ataupun mobile. Tapi ada yang kurang menarik menurut saya karena jika menggunakan responsive banyak iklan adsense yang tampil kecil dan panjang. Pengunjung tidak tertarik dan tidak penasaran. Akibat dari itu semua walaupun visitor banyak tetapi ketertarikan pengunjung terhadap iklan cukup kecil dan itu yang mengakibatkan penghasilan tidak sesuai atau menurun.

Akhirnya adsense menyediakan tampilan iklan yang cukup menarik. Ukurannya tetap responsive tetapi ukuran iklan Adswnsenya tidak kecil dan panjang lagi tetapi lebih besar dan lebih menarik perhatian. Untuk memasang iklan tersebut anda bisa mengikuti cara di bawah ini dan penempatannya anda bisa letakkan di atas Postingan, Tengah Postingan  dan di akhir postingan blog. Iklan ini akan menyesuaikan dengan tampilan PC atupun handphone.

Cara Membuat Iklan Google Adsense Page-level Ads


Iklan page level ads hanya akan tampil ketika situs dibuka menggunakan perangkat mobile saja atau yang sejenis, format iklan tersebut tidak tampil ketika situs dibuka menggunakan PC atau leptop

Tampilan format iklan tingkat laman terdiri dua macam yaitu iklan tetap/hamparan dan iklan vinyet. Iklan tetap hamparan adalah adalah format iklan yang tampil menempel di tepi kayar pengguna khsusus apabila situs dibuka menggunakan perangkat mobile.

1. Login ke akun Google Adsense, menuju ke menu My ads ➔ Page-level ads (beta).
2. Aktifkan tipe iklan yang diinginkan (Anchor/overlay ads atau Vignette ads atau kedua-duanya), dengan menekan tombol opsional pada bagian status.

Cara Memasang Iklan Google Adsense Page-level Ads

3. Kemudian ambil kode iklannya dan letakkan di bawah tag <head> , sebelum meletakan kode di bawah <head> convert dahulu, karena pastinya kodenya tidak dapat di save.
4. Save dan selesai.
Langkah ini perlu dilakukan agar kita dapat memantau kesehatan blog, karena dengan cara submit sitemap blog kita dapat mengetahui berapa banyak backlink yang menuju situs / blog, berapa banyak error yang terjadi pada blog, queri apa saja yang menuju blog. berapa jumlah artikel yang sudah terindeks, duplikat deskripsi dan lain-lain.

Jika terjadi error pada blog haruslah segera ditangani karena hal ini akan mempengaruhi serp atau ranking pencarian. Namanya juga error pastilah akan berpengaruh buruk terhadap blog yang di dalamnya.

Google memberikan kita wadah untuk bersaing merebut perhatiannya dengan sehat (walau ada beberapa blogger menggunakan cara-cara keji agar dicintai oleh google, hati-hati saja). Salah satu wadahnya adalah optimalisasi Google Webmaster Tools.

Apa itu Sitemap?


Sebelum kita melangkah masuk ke pembahasan cara submit atau mengirim sitemap ke Google Webmaster Tools. Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh blogger pemula harus kita jawab dulu, yakni apa itu sitemap?

Sitemap adalah daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya. Ibarat rumah, sitemap adalah daftar penghuni rumah, jika nantinya ada pembagian sembako, dengan mengetahui jumlah penghuni rumah maka akan mudah memetakan pembagian secara adil.

Begitu juga sitemap. Dengan memberitahukan isi sitemap ke Google, akan dengan mudah google melakukan crawl atau perayapan ke blog kita. Namun harus dipahami, sitemap yang kita bicarakan kali ini bukan sitemap/daftar isi yang biasa kita buat dan pasang sebagai widget di blog, namun sitemap blog yang berupa file XML.

Sitemap berupa file XML mengandung metadata yang memberikan ijin kepada google merayapinya hingga postingan terbaru.

Web crawler akan menemukan halaman sebuah situs dari link-link di dalamnya bahkan dari situs yang lain. Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing- masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya.

Karena keutamaannya itu, makanya penting situs atau blog kita didaftarkan ke Google Webmaster Tools agar cepat terindex google, dan tentu ini adalah Tips SEO paling murah dan ampuh.
Google merupakan salah satu mesin pencari yang populer dan banyak digunakan oleh para pengguna internet, oleh karena itu jika sitemap blog di submitkan ke webmaster maka blog dan postingannya memiliki kemungkinan besar muncul di pencaharian Google.

Dengan mensubmit sitemap blog ke webmaster tools kamu dapat mengetahui berapa jumlah artikel yang telah terindex oleh Google, berapa banyak backlink yang menuju blog kamu, berapa banyak error yang terjadi pada blog, queri apa saja yang menuju blog, kata kunci apa yang banyak dicari di blog kamu, duplikat deskripsi yang terjadi dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah submit sitemap blog ke webmaster tools


Google merupakan salah satu sumber traffik terbesar bagi blog, karena mesin pencari milik google sangat disukai banyak orang. Sehingga google sangat ampuh untuk mendatangkan traffik. Bukan hanya digemari, mesin pencari google merupakan Search Engine nomor satu di dunia. Sehingga untuk bisa muncul di halaman utama pencariannya butuh usaha dan kerja keras.

Namun google sangat baik, sebagai blogger kita di berikan jalan untuk bisa memenangkan persaingan dengan sehat, salah satunya dengan cara mengoptimalkan google webmaster tools. Akan tetapi untuk bisa mengoptimalisi kinerja blog melalui webmaster teman-teman terlebih dahulu harus mendaftar dan verifikasi blog yang di miliki di google webmaster tools.

Setelah selesai melakukan verifikasi kepemilikan situs pada webmaster tools, sebaiknya kita juga mensubmit sitemap blog agar web yang kita kelola lebih mudah di kenali dan di jelajahi oleh robot mesin pencari google. Sehingga kemungkinan artikel atau posting yang di miliki lebih mudah muncul pada hasil pencarian. Dan perlu teman-teman ketahui bahwa submit peta situs merupakan salah satu tips Seo yang paling ampuh, mudah, dan murah selain menentukan target pengunjung blog. Bagi teman-teman yang butuh panduan bagaimana cara submitnya silakan ikuti lengkah-langkah di bawah ini.

Cara Submit Sitemap Blog Ke Webmaster Tools


1. Masuk ke sini https://www.google.com/webmasters/ kemudian Sign in dengan akun kamu.
2. Daftarkan blog kamu jika belum terdaftar, caranya masukan link blog kamu di Tambahkan Properti.
3. Selanjutnya pilih Blog yang akan di Submit Sitemapnya.
4. Selanjutnya kamu akan memasuki halaman berikutnya.
5. Pilih Perayapan kemudian Peta situs,

Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools Terbaru
Perayapan - Peta Stus - Tambahkan

6. Lihat gambar di atas, pilih Tambahkan/Uji Peta Situs kemudian muncul :

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools Terbaru
Add Sitemap
7. Isi kolom kosong diatas dengan:
atom.xml?
atom.xml?redirect=false
sitemap.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 
Penting!
Isi satu persatu jangan semua sekaligus.
Misalnya pertama diisi dengan:
atom.xml?
Langsung kirim dengan cara klik Kirim. Selanjutnya ulangi lagi, kemudian kirim kode kedua:
atom.xml?redirect=false
Langsung kirim dengan cara klik Kirim.




kamu akan dialihkan

Dalam Detik



kamu akan dialihkan ke
https://blog.spezer.net/2018/01/apa-itu-jenis-iklan-page-level-ads-dan-cara-membuatnya-di-blogger.html


Terimakasih Telah menunggu.


Semoga bermanfaat.

Kedua iklan ini hanya akan tampil di perangkat seluler. dan bisa diaktifkan semuanya ataupun pilih salah satu. Tapi untuk kode iklan tersebut yang dipasang hanya satu. Hanya saja untuk menampilkan satu format iklan nanti tinggal di setting saja pada bagian iklan saya di adsens pilih iklan tingkat laman.
0 Komentar untuk "Cara memasang iklan Adsense Page Level Ads di Blogspot Blogger"