Pernah ketemu dengan SPLOG di Search engine?

HaiSob apa kabar? Oh iya sob, Pernah ketemu dengan SPLOG di Search engine? Pernah gak mengetikan kata kunci di search engine Google, terus menemukan situs yang memuat konten palsu dan tidak sesuai dengan judul yang muncul di pencaharian Google?

SPLOG merupakan blog yang berisi kumpulan konten blog palsu, mengandung banyak link yang mengarah pada sebuah situs dan penuh dengan iklan. situs yang dideteksi memiliki informasi relevan yang dicari ternyata hanya sebuah splog dengan konten blog yang fiktif.

Apa itu SPOLOG?


Apa itu SPOLOG?

SPLOG atau Spam Blog adalah blog yang berisi konten blog palsu. Situs yang dideteksi mesin pencari memiliki informasi relevan yang dicari pengguna ternyata hanya sebuah splog dengan konten blog yang fiktif.

Blogs engaged in this behavior are called spam blogs, and can be recognized by their irrelevant, repetitive, or nonsensical text, along with a large number of links, usually all pointing to a single site.


SPLOG dibuat oleh seorang SPLOGGER dengan tujuan komersial untuk menyebarkan iklan produk sebuah situs.

Cara kerja SPLOG yaitu dengan mengambil frasa kata yang mirip dengan kata kunci yang digunakan seseorang dalam mencari sebuah informasi di mesin pencari. Mesin pencari yang salah mendeteksi akan mengira jika di dalam SPLOG terdapat informasi yang dicari, sehingga SPLOG akan muncul di halaman terdepan hasil pencarian dan dikunjungi banyak orang.

SPLOG kebanyakan mencantumkan link situs utama yang dipromosikan di halaman depan. Situs utama akan mendapatkan banyak kunjungan dari SPLOG akibat link yang diletakan pada halaman SPLOG ini.

SPLOG juga menampilkan banyak iklan. Tujuannya untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan tersebut. Iklan yang ditampilkan dapat berupa iklan produk affiliasi dan iklan PPC.

Ciri-ciri SPOLOG


Ciri-ciri SPOLOG

Ciri-ciri yang melekat pada SPLOG adalah URL dari splog tersebut memiliki karakter +. Misalnya, contohsitus.com/cara+merawat+kucing. Blog yang menampilkan halaman dari URL tersebut dapat dikategorikan sebagai SPLOG karena mengandung ciri memiliki URL berkarakter +. Halaman blog tersebut seharusnya menampilkan informasi tentang cara merawat kucing, tetapi setelah dibuka kita tidak akan menemukan informasi cara merawat kucing yang dicari.

SPLOGGING atau aktifitas menjalankan SPLOG merupakan kegiatan yang merugikan, baik diri sendiri maupun orang lain. SPLOGGER tidak akan pernah berkembang karena kreatifitas dan wawasan menulisnya tidak terasah. Sementara pembaca akan dirugikan karena disesatkan setelah mengunjungi blog yang tidak memiliki konten seperti informasi yang mereka cari.

Penanggulangan terhadap SPLOG


Ciri-ciri SPOLOG

Penanggulangan terhadap SPLOG sudah banyak dilakukan. Google juga sudah memberikan kesempatan bagi kita untuk melaporkan SPLOG melalui Spam Report. Selain itu, Google sebagai pemilik blogspot yang notabene platform blog yang banyak digunakan sebagai SPLOG daripada wordpress, sudah menghapus banyak sekali blog yang diindikasi sebagai SPLOG.

Contoh tindakan SPLOGGING yang kita lakukan tanpa disadari adalah melakukan posting untuk paid review dan kontes blog. Paid review dan kontes blog selalu mengharuskan kita untuk mengulas sebuah produk untuk ditampilkan pada posting blog kita.

Di dalam postingan tersebut juga diwajibkan untuk memberikan link yang mengarah pada situs produk tersebut. Aktifitas ini dapat dinilai sebagai SPLOGGING karena kita seolah sebagai affiliasi mereka yang mengulas produk dan memberikan link kepada sebuah situs utama. Selain itu, kita juga mentransfer traffic kunjungan dan backlink kepada situs utama tersebut.

Perbedaannya hanya blog kita tidak melakukan kecurangan konten blog palsu seperti SPLOG pada umumnya.

Nah bagaimana, sudah tahu kan apa yang di sebut SPOLOG dalam dunia Blog? semoga bermanfaat.